Selasa, 02 Agustus 2011

ANTI ANGINA

Angina pectoris merupakan gejala utama penyakit iskemia jantung. Terjadi bila kebutuhan oksigen miokardium kurang dari pengadaan oleh arteria koroner. Nyeri angina berupa nyeri mendadak hebat, menekan di daerah sub-eksternal/pre kordinal menjalar ke bahu dan fleksor lengan kiri. Nyeri umumnya dicetuskan oleh aktifitas fisik, emosi, makan, dan seringkali terkait denga depresi segmen-st elektrokardiogram.

Hal tersebut diakibatkan oleh aliran darah koroner berkurang, karena penyempitan pembuluh darah akibat spasme dan/atau proses alterosklerosis.

Obat angina dibagi menjadi 2 kelompok. Pertama untuk mengatasi atau mencegah serangan akut, dan kelompok kedua untuk mencegah/mengurangi jumlah serangan angina (pencegahan jangka panjang). Untuk
mengatasi/mencegah serangan akut angina pectoris, digunakan preparat nitrat organik kerja pendek, yakni nitrogliserin sublingual dan isosorbid dinitrat sublingual.


Untuk pencegahan jangka panjang digunakan nitrat kerja panjang, beta bloker. Nitrat kerja panjang seringkali menimbulkan toleransi terhadap efek terapi. Untuk angina dengan spasme koroner yang dominan, antagonis kalsium merupakan obat terpilih, sedangkan beta-bloker merupakan kontraindikasi. Untuk angina of effort, beta-bloker sama efektifnya dengan antagonis kalsium, pilihan tergantung pada kondisi pasien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tidak perlu tukarang link dengan saya, cukup berkomentar saja di postingan blog ini karena blog ini aliran DOFOLLOW

Komentar Anda mewakili siapa Anda
Be Your Self !