Sabtu, 25 Juni 2011

ANTI ARITMIA


Aritmia jantung adalah gangguan ritme jantung yang disebabkan gangguan pembentukan implus listrik, konduksi implus atau keduanya. Pembentukan implus terganggu bila fungsi pacu jantung yang normal diambil alih oleh sel atrium, nodus AV atau sistem purkinye. 

Hal tersebut terjadi bila implus di tempat lain meningkat. Gangguan konduksi menyebabkan gangguan konduksi normal datang terlambat atau mengalami blokade. Pada situasi khusus dapat terjadi blokade satu arah sehingga implus kembali ke tempat asal lewat retrograd, yang menyebabkan gerak lingkar yang menetap. Kecepatan konduksi dan masa refrakter sangat menentukan apakah aritma akibat gerak lingkar akan
menetap.

Obat mengembalikan ritme jantung menjadi normal berdasarkan pengaruh terhadap kecepatan pembentukan implus di nodus SA serta kecepatan konduksi dan masa refrakter di sel-sel jantung lainnya.

Walaupun mekanisme kerja obat menyaranan aksi yang logis, dalam kenyataannya pemilihan obat sukar ditentukan dan harus dicari dari pengalaman dan bila mungkin bantuan pemantauan alat holter, dan uji elektrofisiologik jantung.

Untuk takiaritma digunakan kinidin, lidokain, prokainamid, propanoloi dan verapamil, sedangkan untuk bradiaritmia dapat digunakan atropine dan efedrin. Takiaritmia atau bradiaritmia hanya harus ditindak bila fungsi jantung sebagaui pompa terancam terganggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tidak perlu tukarang link dengan saya, cukup berkomentar saja di postingan blog ini karena blog ini aliran DOFOLLOW

Komentar Anda mewakili siapa Anda
Be Your Self !